Training for Your Brain Part 1

Hai hai, lama ga nulis di wordpress hihihihi.

Kali ini gw mau nulis tentang sebuah variety show yang dibawakan oleh idol group Jepang, Arashi. Variety shownya namanya “Arashi ni Shiyagare”.

Shiyagare kali ini mengangkat tema “Otak”. Tamu yang datang adalah Mogi Kenichiro, seorang profesor di cognitive scientist dan pernah mendapatkan hadiah nobel. Spesialisasi di bidang otak nih!

Walaupun ini acara variety show Arashi, tapi tenang aja, gw ga akan fokus pada Arashinya, tapi pada bahasannya, yaitu tentang Training kecil untuk otak. Siapa saja bisa menerapkannya lho! 

Oke! ayo kita mulai!

———–

Pertama-tama, saat acara mulai, biasanya si tamu akan membawa suvenir. Kali ini suvenir yang telah disiapkan oleh Mogi Kenichiro adalah sebuah patung kayu berbentuk seperti beruang.

Image

Image

Image

Benda ini dibuat oleh seorang seniman Finlandia, dan dinamakan Penna Bear. Benda ini terlihat biasa saja, tetapi sebenarnya memiliki rahasia besar di balik bentuknya. Nah tugas Arashi (dan juga kalian) adalah untuk mencari alasan kenapa bentuknya seperti itu.

Benda ini ternyata memiliki harga yang cukup mahal lho…..Aiba menebak harganya 300 yen (kurang lebih Rp. 34.000). Nino menebak harganya tidak lebih dari 680 yen (sekitar Rp. 76.000). Tetapi ternyata benda ini memiliki harga yang jauh lebih tinggi, yaitu 9450 yen (sekitar Rp. 106.000)!!!

Mogi-san meninggalkan benda tersebut di studio agar member Arashi bisa memikirkan kira-kira ada rahasia apa dibalik bentuk Penna Bear tersebut.

Acara kemudian dilanjutkan dengan menyebutkan rumor-rumor tentang otak. Ayo lanjut ke 1st rumour!!!

————

“Internet menyebabkan kemampuan otak kita menurun”

wah! harus hati-hati nih, buat kita yang sering sekali bersentuhan dengan internet. Karena ternyata kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh internet bisa bikin kemampuan otak kita menurun!.

Contohnya adalah dalam penulisan kanji (mereka kan orang Jepang, jadi tulisan kanji jadi contoh), mereka kebiasaan untuk mengetik huruf kanji (yang otomatis akan berubah setelah menulis huruf hiragananya).Karena kebiasaan mengetik, akhirnya kadang mereka suka lupa cara menulis kanji kalo pake tulisan tangan.

Contoh lainnya adalah, mungkin kita kadang-kadang jadi suka malas berpikir. Karena ada teknologi yang bernama “search engine”. Kadang kalo kita lupa sesuatu, pasti bilang “ah googling aja”. Kemudahan seperti inilah yang membuat kita jadi agak malas untuk berpikir.

Sebuah penelitian dilakukan mengenai hal tersebut. Beberapa siswa disuruh untuk memilih beberapa topik untuk diteliti. Kebanyakan, mereka memilih topik yang mudah dicari dengan search engine, dan membuang topik yang mereka rasa sulit untuk dicari. Jadi ketika kita berpikir “ah yang ini bisa di-google nanti”, otak kita jadi berhenti untuk mengingat. Jadi hati-hati nih…

Nah gimana untuk mencegah penurunan kemampuan otak itu? Soalnya ga dipungkiri, kita memang masih butuh internet, setidaknya untuk keperluan senang-senang😀

Nah ternyata, kita harus punya yang namanya “On” dan “Off” dari internet. Sesering-seringnya kita pakae internet, pasti ada waktu dimana kita ga memakai internet. Kita juga harus tahu kapan kita sebaiknya memakai dan tidak memakai internet. Misalnya, ketika sedang berjalan, atau sedang naik kendaraan, sebaiknya kita tidak menggunaka internet (sekarang kan hp juga bisa dibuat internetan).

Nah saat “Off” tersebut, pikirkanlah berbagai macam hal. Nggak perlu yang susah. Bisa juga yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari kita. Nah waktu off ini sebaiknya dilakukan minimal 30 menit.

Ada cara lain untuk mencegah penurunan kemampuan otak lho!

coba kalian ambil selembar kertas, lalu ingat-ingat kembali makanan apa yang kalian makan untuk makan malam selama seminggu terakhir? Apa kalian bisa mengingatnya dengan baik?😀

Image

Nah, ternyata Sho bisa mengingat semua makan malamnya selama 1 minggu lho!!!! Katanya, kalau orang normal bakal cuman bisa nginget 2-3 hari ke belakang, dan tidak dengan cepat (alias mikirnya lama). Tapi Sho bisa menyebutkan menu-menu makanan tersebut dengan lancar!

Apa rahasianya?

Ternyata, Sho, yang terkenal paling rapih dan bisa mengorganisasi waktu dengan baik, selalu membuat catatan mingguan. Catatan tersebut berisi hal-hal apa saja yang telah ia lakukan selama seminggu, termasuk makan malam.Akan lebih baik lagi, kalau kita membuat catatan harian, seperti diary🙂

———————-

Nah, sekian  dulu part 1 nya ya! Coba kalian latih metode-metode di atas :

  • Membuat waktu “On” dan “Off” untuk penggunaan internet,
  • Mengisi waktu “Off” dengan berbagai macam pemikiran (baca buku juga termasuk lho!), dan
  • coba membuat catatan harian/mingguan
  • latihlah hapalan kalian dengan menyebutkan makan malam kalian selama seminggu terakhir secara spesifik. (Misalnya : kemarin makan ikan gurame dan sayur asem di restoran A, bukan cuman “kemarin saya makan masakan padang :-p )

Selamat mencoba!

PS : jangan lupa tentang rahasia Penna Bear nya ya…try not to google it!😀

Yang penasaran sama sang profesor, Mogi Kenichiro, boleh main2 deh ke blog nya!

2 thoughts on “Training for Your Brain Part 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s