日本人の知らない日本語 (Nihonjin no Shiranai Nihongo)

Kano Haruko (Naka Riisa) adalah seorang gadis yang mempunyai sense fashion cukup tinggi.Penampilannya yang ia tiru dari majalah – majalah membuatnya tampat chic dan selalu fashionable. Tetapi karena itu pula, ia tidak bisa mencapai cita – citanya yanitu menjadi guru SMA.

Sebagai gantinya, melalui guru yang sangat dihormati oleh Haruko, Akimoto Kuniko (Asaka Mayumi), ia mengajar di sebuah tempat bimbingan belajar. Ia harus mengajarkan pelajaran Bahasa Jepang kepada orang – orang yang berasal dari negara lain yang tinggal di Jepang.

Awalnya Haruko berpikir mengajar bahasa jepang sangatlah gampang. Bukankah bahasa ini adalah bahasanya sehari – hari? Tapi ternyata, ketika memulai pelajaran, Harukotelah mengalami berbagai masala yang berasal dari murid – muridnya. SEderhana saja, Haruko hanya tidak bisa menjelaskan kepada mereka tentang “mengapa orang Jepang memakai kata – kata yang berbeda untuk penghitungan dan bagaimana cara menghapalnya” misal, “ikko, ippon, ippiki”, dll.

Ada lagi permasalahan tentang “Respect Form ( o + kata kerja + narimasu)”. Kadang mereka suka tidak mengerti kata apa yang harus dimasukkan ke dalam kata kerja itu. Mereka memberi contoh : “okaasaninarimasu (menjadi ibu)” atau kadang – kadang malah seenaknya menambahkan o di depan seperti menyebut okamisan (maksudnya mau menyebut Kami-sama, cuman salah nyebut aja).

Ditambah lagi, di lingkungan tempat mereka tinggal saat ini, bahasa yang baik dan benar sudah jarang ditemukan, bahkan di sebuah restoran tempat kerja part-time salah satu siswa. Padahal seharusnya di toko kita melayani pelanggan dengan bahasa yang formal dan sesuai EYD.Hal ini jelas saja membuat para siswa asing begitu bingung.

Akhirnya Haruko harus bekerja keras dan belajar lebih giat untuk membantu murid – muridnya ntuk lulus sekolah tersebut dan mengejar cita – cita mereka di Jepang. Dengan ditemani dan dibantu oleh 3 guru lainnya, Shibuya Taiyo (Aoki Munekata), Katori Miyuki (Harada Natsuki), dan guru yang sering berantem dengan Haruko, Takasu Kazuki (Ikeda Narushi), Haruko dapat melewati hari – hari penuh perjuangannya di sekolah tersebut.

Dorama ini cukup menarik karena di dalamnya terdapat ada pelajaran – pelajaran mengenai kosa kata dan pola kalimat dalam bahasa jepang, walaupun tidak cukup banyak kalau dibandingkan kita kursus sendiri. Tapi cukup untuk memberikan pengetahuan. Cara Haruko mengajar dan cerita – cerita yang cukup konyol dari para murid membuat dorama ini sangat ringan untuk ditonton😀

Pesan moral : Jangan kira mengajar bahasa sendiri kepada orang asing itu mudah, apalagi kita yang generasi muda ini. Sekarang makin banyak aja bahasa yang aneh – aneh seperti bahasa gaul,bahasa alay, dan lainnya yang membuat bahasa sesuai EYD tidak lagi bisa dipraktekkan. Karena ternyata bahasa sesuai EYD itu emang banyak banget aturannya. hahahaha.

Happy Watching! ^^

link ke wiki D-addicts kalo mau liat2 cast dan resensi😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s