Ullen Sentalu

Bagi kalian yang suka dengan sejarah terutama tentang Keraton Solo dan Keraton Yogya, tempat ini wajib didatengin

Ullen Sentalu, sebuah museum yang terletak di Taman Kaswargan, sebuah daerah pariwisata di kaki Gunung Merapi. Diresmikan pada tahun 1997 oleh Paku Alam VIII

Tiket seharga 25rb untuk dewasa dan 15rb untuk pelajar cukup untuk menikmati perjalanan 50 menit dengan guide di dalam museum ini.Sayangnya, qt nggak bisa ngambil foto2 di sini dan juga ngga ada sejenis bukletnya.Jadi benda2 di situ cuma bisa dilihat sekali aja.

Ullen Sentalu sendiri merupakan singkatan dari “Ulating Blencong Sejatine Tataning Lumaku” yang artinya “pelita kehidupan sejati bagi jalan hidup manusia,”

Museum ini terdiri dari dua bagian utama yang seluruhnya dibangun dengan konsep labirin dan berbahan dasar batu gunung, yaitu Guwo Selo Giri yang berarti gua berdinding batu gunung dan Kampung Kambang yang berarti sebuah kampung yang terletak di atas perairan (kolam).

Di Guwo Selo Giri qt bakal menjumpai set gamelan dan lukisan2 besar,lukisan yang menggambarkan putri keraton yang sedang menari. Di lorong2 selanjutnya kita juga bisa melihat lukisan2 anggota keluarga keraton dari dahulu sampai sekarang dan juga beberapa foto.

Di Kampung Kambang, kita akan menjumpai beberapa ruang. Diantaranya adalah ruangan penuh dengan kain batik. Di sana ada berbagai jenis kain batik yang sering dipakai dan ada juga ruangan khusus putri keraton, berisi lukisan, foto – foto dan surat2.

Akirnya setelah kita selesai dengan tur keliling museum, kita akan disuguhkan minuman hangat yang katanya dapat membuat awet muda,,dan kita juga bisa belanja souvenir yang ada di toko

well,,demikian penjelasan dari gw
kalo tertarik silakan aja dateng ke sana.
seru lho!

100-0016

2 thoughts on “Ullen Sentalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s